Penyebab Penyakit Obesitas

Wanita Langsing - Obesitas adalah suatu keadaan dimana terjadi penumpukan lemak tubuh yang berlebih sehingga berat badan seseorang jauh di atas normal, dan dapat membahayakan kesehatan. Obesitas terjadi karena ketidakseimbangan antara energi yang masuk dengan energi yang keluar. Obesitas merupakan istilah berbeda dengan kelebihan berat badan (overweight) , overweight merupakan kelebihan berat badan melebihi batas berat badan pada umumnya.

Faktor apa saja yang mempengaruhi Obesitas?

Secara medis, obesitas terjadi akibat mengkonsumsi kalori lebih banyak daripada yang diperlukan oleh tubuh sehingga menyebabkan penumpukan lemak. Berikut adalah faktor Penyebab Penyakit Obesitas :

Faktor genetik ; obesitas cenderung diturunkan, sehingga diduga memiliki penyebab genetik. Tetapi anggota keluarga tidak hanya berbagi gen, tetapi juga makanan dan kebiasaan gaya hidup, yang bisa mendorong terjadinya obesitas. Seringkali sulit untuk memisahkan faktor gaya hidup dengan faktor genetik.
Faktor lingkungan; lingkungan seseorang memegang peranan yang cukup berarti. Lingkungan ini termasuk perilaku gaya hidup Seseorang tentu saja tidak dapat merubah gen nya, tetapi dia dapat merubah pola makan dan aktivitasnya.

Faktor psikis ; apa yang ada di dalam fikiran seseorang bisa mempengaruhi kebiasaan makannya. Salah satu bentuk gangguan emosi adalah persepsi diri yang negatif. Gangguan ini merupakan masalah yang serius pada banyak wanita muda yang menderita obesitas, dan bisa menimbulkan kesadaran yang berlebihan tentang kegemukannya serta rasa tidak nyaman dalam bersosialisasi.
Faktor kesehatan ; beberapa penyakit bisa menyebabkan obesitas, diantaranya ;

hipotiroidisme
sindroma cushing
sindroma prader-willi
beberapa kelainan saraf yang bisa menyebabkan seseorang banyak makan.

Obat-obatan ; obat-obatan seperti steroid dan beberapa anti-depresi bisa menyebabkan penambahan berat badan.
Faktor perkembangan ; penambahan ukuran atau jumlah sel-sel lemak (atau keduanya) menyebabkan bertambahnya jumlah lemak yang disimpan dalam tubuh. Penderita obesitas pada masa kanak-kanak, bisa memiliki sel lemak sampak 5 kali lebih banyak dibandingkan dengan orang yang berat badannya normal
Aktivitas ; kurangnya aktivitas (olahraga)merupakan salah satu penyebab utama dari meningkatnya angka penderita obesitas di masyarakat . Orang-orang yang tidak aktif memerlukan lebih sedikit kalori. seseorang yang cenderung mengkonsumsi makanan kaya lemak dan tidak melakukan olahraga yang seimbang, akan mengalami obesitas.

Obesitas yang tidak ditangani dapat berdampak serius terhadap kesehatan. Bebagai hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan erat antara obesitas dengan faktor resiko penyakit degeneratif seperti diabetes mellitus tipe II, hipertensi, dislipidemia, jantung bahkan kanker. Untuk resiko terserang penyakit yang disebabkan oleh Obesitas akan dibahas pada artikel selanjutnya.