Penyebab Tubuh Susah Gemuk dan Cara Mengatasinya

Betapa tidak, dengan tubuh yang ideal dapat membuat orang menjadi percaya diri. Kebanyakan orang yang sudah makan banyak, bahkan porsinya sudah 2x lipat tetapi tidak bisa menggemukan badannya. Banyak faktor yang mempengaruhi tubuh susah gemuk diantaranya :
penyebab tubuh susah gemuk
1. Kekurangan Nutrisi
Kekurangan nutrisi disini dalam artian kurangnya asupan gizi. Gizi yang seimbang berpengaruh terhadap berat badan seseorang. Apabila kekurangan asupan gizi maka tentu saja akan mengurangi berat badan/berat badan menjadi turun dan kurus. Selain itu bahayanya yaitu akan mudah terkena serangan penyakit karena antibodi sangat diperlukan untuk tubuh yang sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit

2.  Kurang Beraktivitas
Orang yang kurang beraktivitas akan mengakibatkan seseorang kurus/ gemuk hal ini karena otot yang ada di dalam tubuh  perlu untuk melakukan aktifvitas . Maka dari itu olahraga yang teratur sangat dianjurkan untuk menggemukan tubuh/ menambah berat badan.

3. Kurang Istirahat
Kurang istirahat/kurang tidur menjadi faktor penyebab seseorang susah untuk gemuk karena kebanyakan orang yang memiliki badan yang kurus karena dia kurang istirahat atau banyak melakukan aktivitas dimalam hari seperti begadang. Apabila seseorang begadang maka enzim yang ada di dalam tubuhnya tidak akan berfungsi sebagaimana mestinya , dan hal tersebut akan membuat berat badan menjadi kurus. Oleh karena itu pola makan yang sehat sangat diperlukan untuk membentuk tubuh yang ideal.

4. Kekurangan Air Mineral
Faktor yang sering diabaikan oleh kebanyakan orang yaitu kekurangan air mineral. Banyak orang kalau minum menunggu rasa haus, padahal tubuh manusia terdiri dari banyak mineral, oleh sebab itu para ahli kesehatan menganjurkan untuk meminum minuman minimal 8 gelas sehari. Maka dari itu tubuh yang kering dan kurus menandakan bahwa seseorang tersebut kekurangan cairan.
 
5. Mengkonsumsi Alkohol
Dengan banyak mengkonsumsi alkohol maka dapat menyebabkan badan menjadi kurus kering karena alkohol mengandung zat - zat yang sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh manusia.

Masyarakat indonesia banyak yang berasumsi berasumsi bahwa salah satu penyebab badan susah gemuk karena faktor keturunan. Namun menurut Dr.Laurentius Ariawan,Med,SpBP yang merupakan dokter ahli bedah di klinik kecantikan asal eropa menjelaskan bahwa yang mempengaruhi susah gemuk walaupun sering makan adalah faktor kurang asupan makanan saat usia dibawah 5 tahun. Hal ini karena mempengaruhi perkembangan perut terutama saat pada usus besar.

Anak dibawah 6 tahun yang mengkonsumsi makanan dengna porsi yang sedikit sangat berpengaruh hingga umurnya dewasa. Walaupun banyak makan, tetapi akan menyerap lemak nya saja sehingga lemak akan tumbuh hanya di bagian perut. Begitupun sebaliknya, apabila seorang anak mengkonsumsi asupan makanan yang banyak pada saat usia dibawah 6 tahun maka kemungkinan besar pada usia dewasanya akan gemuk karena usus akan berkembang dan melebar.