3 Penyebab Perut Buncit

Tips Wanita - Banyak orang beranggapan bahwa hanya lemak yang dapat membuat perut menjadi buncit, akan tetapi masih banyak faktor penyebab perut menjadi buncit. Mari kita simak faktor penyebab perut buncit berikut ini :

1. Sering menghabiskan waktu dengan menonton TV
Menghabiskan waktu dengan menonton tv memang sangat menyenangkan, apalagi diwaktu sedang istirahat habis pulang kerja atau sedang bersantai liburan. Tapi tanpa sadar saat menonton tv kita langsung mengambil makanan atau cemilan cemilan yang kandungan kalorinya tinggi dan banyak mengandung lemak yang jahat buat tubuh kita. Selain itu usahakan porsi makan malah lebih sedikit daripada porsi saat makan di siang hari, karena makan dengan porsi yang banyak di malam hari bisa menimbulkan perut menjadi cepat buncit.

Sebuah penelitian yang dilakukan University of Oulu menyebutkan, orang yang melakukan kebiasaan itu akan dengan cepat menumpuk 10 persen lemak di perut. Bahkan 10 persen lemak yang bertambah itu ditumpuk hanya dalam jangka waktu 2 jam. Pada orang yang tidak menghabiskan makanan di depan televisi pada malam hari atau yang melakukan olahraga ringan saat iklan televisi tengah berlangsung, mereka berhasil melunturkan lemak perut.

2. Olahan Tepung Terigu
Olahan tepung terigu juga termasuk dalam kategori makanan yang dapat membuat perut menjadi buncit. seperti contoh roti yang terbuat dari tepung terigu. Alangkah baiknya mengkonsumsi roti yang terbuat dari gandum. Penelitian juga membuktikan, orang yang mengonsumsi olahan gandum lebih sering akan dengan mudah memotong total kalori yang masuk ke dalam tubuhnya. Penelitian ini diumumkan di American Journal of Clinical Nutrition.

3. Stress yang terlalu lama
Stres akan menaikkan hormon kortisol. Hormon tersebut akan memberikan efek yang negatif pada tubuh karena kita akan jadi mudah sekali lapar dan metabolisme tubuh bekerja lebih lambat yang akibatnya, perut semakin buncit.

Sebenarnya kita diperbolehkan ngemil makanan atau makan pada waktu nonton tv, akan tetapi mengkonsumsi makanan yang kaya akan serat dan rendah lemak. Selain itu juga perhatikan porsi makanan yang dikonsumsi. Makanlah dengan sewajarnya.

Yang perlu diketahui sebaiknya 2 jam sebelum tidur, kita harus berhenti mengunyah/ngemil. "Tidur dan bangunlah pada pagi hari dengan lebih bersemangat," saran Janis Jibrin RD, pakar nutrisi yang juga penulis buku The Supermarket Diet. Lakukanlah perubahan sedikit demi sedikit, insha allah terhindar dari perut buncit dan tubuh yang di idam idamkan oleh anda akan menjadi kenyataan.